Minggu, 02 Januari 2011

wimax

WiMax adalah standar yang dibuat oleh organisasi nirlaba yang merupakan kumpulan beberapa perusahaan pembuat peranti telekomunikasi, berdasar dari standar nirkabel IEEE 802.16, yaitu standar MAN (Metropolitan Area Network) dan HiperMAN dari ETSI (European Telecommunications Standards Institute).
WiMax nantinya akan dipakai sebagai alternatif untuk mendistribusikan akses jaringan Internet di masyarakat luas, seperti yang sudah dilakukan oleh teknologi ADSL atau HotSpot dari standar Wireless LAN 802.11

keunggulan tentang wimax yaitu :
- jangkauan sinyal yg tajam
- tahan terhadap noise / gangguan
- memiliki frekwensi yg tinggi.
.
ada juga latar belakang dari Wimax
wimax juga di buat karena adanya kekurangan fasilitas pemakaian teknologi standar teknologi nirkabel,,,di bagian bawah ada standar WiFi Wireless LAN 802.11 yang sudah banyak dipakai, sementara diatasnya adalah Wireless MAN 802.16 yang biasanya dipakai oleh operator untuk menyambung /base station/ mereka. Dalam prakteknya, banyak praktisi telekomunikasi menggunakan teknologi 802.11
yang dirancang untuk pemakaian di dalam ruangan (/indoor/) menjadi peranti /outdoor/ untuk menyambung gedung ke gedung di dalam satu daerah yang jaraknya di bawah 10 km. Pemanfaatan teknologi ini secara ekonomis memang sangat tepat, karena dengan hanya mengeluarkan biaya dibawah tujuh juta Rupiah,,,,,, kita sudah dapat menyambung dua titik berjarak maksimum 15 km.
Dalam perjalanannya, teknologi 802.11 yang dipakai secara salah ini menyebabkan kekecewaan banyak pengunanya, karena sering terjadi interferensi yang menyebabkan sambungan buruk, disebabkan oleh banyaknya pemakai dan saling rebut sambungan dengan menggunakan penguat jika mereka tidak mendapatkan sinyal.
..
Standar Wimax :
WiMax adalah konsorsium yang berupaya untuk menyatukan dua standar teknologi nirkabel dunia yang dari dulu memang merupakan musuh bebuyutan, yaitu standar IEEE yang dibuat di Amerika dan standar ETSI yang dibuat oleh kumpulan perusahaan di Eropa. Perhatikan gambar yang memperlihatkan persaingan dua standar yang selalu terjadi antara Amerika dan Eropa, baik di telekomunikasi, elektronika maupun mekanikal.
.
.
sumber :  
http://blogdetik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar